Direktur Bank Sampah BERSIH LESTARI: Jaga dan Lindungi Lingkungan Dengan Bijak, Karena Sampahmu Tanggung Jawabku

PANGANDARAN - Kabupaten Pangandaran sebagai Kota Pariwisata pantai  tentunya tidak lepas dengan persoalan Sampah, pada libur akhir pekan atau weekend bisa puluhan ton sampah tercecer karena ulah manusia yang belum sadar membuang sampah pada tempatnya, di tambah kiriman sampah dari sungai sehingga membuat pantai menjadi Kotor.

Menyikapi permasalahan sampah bukan hanya kewajiban pihak pemerintah saja, akan tetapi harus ada kesadaran dan kepedulian kita sebagai masyarakat pada lingkungan, dan menjadi kewajiban pemerintah dalam hal pengadaan sarana dan prasarana yang cukup, sehingga penanganan  sampah akan terkelola dengan baik dan sampah tidak menimbulkan masalah yang mengakibatkan pencemaran lingkungan, demikian di katakan Atet Wiyono Direktur Bank Sampah BERSIH LESTARI di kantornya Dusun Banjar Waru Desa Limus Gede Kecamatan Cimerak Kabupaten Ciamis pada Media Indonesia Satu Group, pada Jumat ( 14/1/2022).

Lebih lanjut Atet menjelaskan terkait Kegiatannya, " Kami Bank Sampah BERSIH LESTARI melakukan kegiatan ini berdasarkan panggilan jiiwa, Kami besama rekan-rekan dari berbagai profesi, ada petani, pedagang, ASN bahkan dari kaum Difabel pun ada di kelompok kami, berkat koordinasi kami yang solid dengan PPK dan Karangtaruna, kini kami mempunyai 25 nasabah " ungkap Atet.

" Kelembagaan Bank Sampah Bersih Lestari terbentuk atas bimbingan dan motivasi Bank Sampah induk ( BSI ) SAHATE Kabupaten Pangandaran. Sampai saat ini kami belum bisa memberikan gaji atau honor kepada 13 orang Crew Bank Sampah karena permodalan belum cukup dan belum ada penyertaan modal dari pemerintah  sehingga semua bekerja dengan sukarela " ujar Atet.

" Kami pun sangat berterimakasih kepada Pihak Pemerintah Desa Limus Gede, terutama pa Kades Asep Saefudin yang telah memberikan arahan dan bimbingan serta memberikan tempat sebagai sekretariat Bank Sampah Bersih Lestari , sehingga kami mempunyai kantor" ujar Atet.

Sementara Asep Saefudin selaku Kepala Desa Limus Gede ketika konfirmasi membenarkan bahwa sampai sekarang Bank Sampah Bersih Lestari belum dapat penyertaan modal dari pihak pemerintah.

" Benar yang dikatakan Sdr. Atet, sampai saat ini pihak Pemerintah Desa Limus Gede belum bisa memberikan modal karena keterbatasan anggaran" ujar Asep.

" Insyaallah ke depan akan kami usulkan dan Alokasikan dana penyertaan untuk Pengelolaan Bank Sampah, bisa saja bekerjasama dengan BUMDES dan pengelola Pasar " tandasnya.

" Kami sangat apresiasi dengan adanya Bank Sampah Bersih Lestari, dan berharap semua masyarakat semakin sadar terhadap permasalahan sampah dan dampaknya pada lingkungan, semoga dengan berdirinya Bank Sampah ini bisa mengedukasi warga , lebih jauh dapat meningkatkan pemberdayaan dan perekonomian Masyarakat " pungkas asep.( Nang Surya)

BANDUNG BANTEN CIAMIS MAJALENGKA BANJAR PANGANDARAN SUKABUMI GARUT CIREBON WISATA
Nanang Suryana Saputra

Nanang Suryana Saputra

Previous Article

Senin Depan Biskita Trans Pakuan di Kota...

Next Article

Bencana Longsor Ciherang Akibatkan Dua Hektar...

Komentar

Related Posts

Peringkat

Profle

Afrizal verified

Muh. Ahkam Jayadi

Muh. Ahkam Jayadi verified

Postingan Bulan ini: 55

Postingan Tahun ini: 55

Registered: Aug 19, 2021

Ayu Amalia

Ayu Amalia

Postingan Bulan ini: 43

Postingan Tahun ini: 43

Registered: Nov 25, 2021

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 41

Postingan Tahun ini: 41

Registered: Apr 8, 2021

Nanang Suryana Saputra

Nanang Suryana Saputra verified

Postingan Bulan ini: 41

Postingan Tahun ini: 41

Registered: Jul 10, 2020

Profle

S. Sutan Permato

Tinjau Vaksinasi se-Indonesia, Kapolri Saksikan Gubernur Maluku Utara Divaksin
Discovery Gas Sumur Eksplorasi Pertamina,  Temuan Pertama Tahun 2022
Awali Tahun 2022, Pertamina Hulu Rokan Tajak Tiga Sumur
Pesan Buat Arteria Dahlan: Jangan Lupa, Indonesia Dulu Cuma Sunda Besar dan Sunda Kecil

Follow Us

Recommended Posts

BUdaya Gotong Royong Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh Suku Sunda Jati Diri Bangsa Indonesia
Satuan Pol Airud Polres Ciamis Laksanaka Patroli Pengamanan Kawasan Pantai Pangandaran.
Hadiri Ground Breaking RS Muhammadiyah, Kapolri Dukung Penuh Program Kesehatan dan Pendidikan Masyarakat
Tenaga  Honorer yang Sudah Bekerja di Instansi Pemerintah Bisa Diangkat Menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil
Ridwan Kamil: Kampung Inggris Jadi Inspirasi Tingkatkan Kemampuan Anak Muda Berbahasa Di Jawa Barat